Muhammad Willy Ardiansyah Blogs

Just another WordPress.com weblog

Rumah Yang Paling Indah

Rumah adalah kerajaan bagi sebuah keluarga dan tempat untuk beristirahat sebuah keluarga didalamnya, tempat berkumpul dan bermusyawarah, bagaimana menjadikan kerajaan kecil ini nyaman,aman,tentram, bagaimana menjadikan rumah kita ini menjadi rumah nabawiyah rasulullah saw, karena rasulullah saw adalah contoh yang paling baik bagi manusia.

Yang paling utama dalam memilih sebuah rumah adalah seseorang hendaknya memilih rumahnya berdekatan dengan mesjid, kemudian memilih tetangga yang baik atau lingkungan yang baik,sebagaimana sabda Rasulullah saw:”Aljaar qoblad daar” tetangga sebelum rumah.

kemudian adab dalam memasuki sebuah rumah adalah hendaknya menyebut nama Allah ( bismillah), kemudian masuk kerumah dengan kaki kanan,dan sunnah berdoa sebagaimana doa nabi muhammad saw:”Allahumma innii as aluka khairul maulij wa khairul makhraj bismillah wa lajnaa wa bismillah kharajnaa wa `alallahi rabbuna tawakkalnaa

* بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا، وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى رَبِّنَا

تَوَكَّلْنَا

“Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadamu sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar,dengan nama Allah kami masuk rumah dan dengan nama Allah kami keluar dari rumah,dan kepada tuhan kami,kami bertawakkal.

Apabila seorang manusia berdoa dengan doa ini maka berkatalah syaitan kepada sahabat-sahabatnya tidak ada tempat untuk kita tinggal disini, karena syetan tidak dapat memasuki rumah yang dibacakan doa ini.

Kemudian apabila seseorang masuk kedalam rumah hendaklah memberikan salam kepada ahli rumah, karena salam ini menjadikan ahli rumah dan titik pertemuan nya menjadi aman,tentram dan sejuk hatinya baik dirimu atau ahli rumah, apabila seseorang memasuki rumah namun tidak ada orang didalamnya maka hendaklah seseorang itu member salam untuk dirinya, dengan mengatakan: Assalaamu `alainaa tahiyyatan min  `indillah thoyyibatan mubarakah

Apa yang dilakukan oelh rasulullah ketika memasuki rumah, siti aisyah mengatakan: Rasulullah ketika memasuki rumah meminta izin,kalau masa sekarang bisa menekan bell rumah apabila ada pagar yang membatasinya, suatu ketika Rasulullah saw duduk-duduk didalam rumahnya beliau kedatangan tamu yang tidak mengetahui adab-adab memasuki rumah, kemudian beliau menyuruh pembantunya untuk keluar dan mengajarkan kepada tamu bagaimana adab-adab memasuki rumah,kemudia beliau baru mempersilahkan tamunya untuk masuk. Rasulullah saw juga melarang contoh ketika izin memasuki sebuah rumah dan ditanya oleh ahli rumahnya “siapa diluar”, kemudia tamu hanya menjawab “saya” suatu ketika Rasulullah saw kedatangan tamu dan bertanya,siapa di luar?tamunya mengatakan “saya” sampai rasulullah bertanya tiga kali, tamunya hanya mengatakan” saya” rasulullah kemudia berkata: saya,saya,saya. Siapa nama mu? Dan hendaklah tamu ketika di Tanya dia menjawab dengan namanya. Karena hal ini merupakan suatu yang sangat sepele namun sangat penting dalam kehidupan manusia.

Dari adab-adab sebuah rumah adalah Rasulullah saw membersihkan rumahnya, menjahit sandalnya,kalau masa kita sekarang, menyapu,membersihkan sofa diruang tamu,membersihkan AC,mengangkat galon air aqua dan lain-lain yang berada didalam maupun luar rumah dan hendaknya laki-laki yang mengurus hal ini sebagaimana rasulullah saw membersihkan dan merapikan rumahnya menggunakan tangan beliau sendiri

Dan dari yang paling penting didalam rumah kita adalah menjadikan rumah kita itu makmur dengan dzikir,tilawah al-qur`an,majlis ta`lim, sebagaimana sabda rasulullah saw: “matsalul baitilladzi yudzkaru fiihillah wal ladzi laa yadzkur fiihillah kamatsalil hayyi wal mayyit”perumpamaan sebuah rumah yang ada didalamnya dzikir kepada Allah dan yang tidak ada dzikir didalamnya seperti perumpamaan antara hidup dan mati.

Rasulullah saw mengabarkan kepada kita bahwasanya rumah yang dibacakan didalamnya Al-Qur`an para malaikat melihat dari langit sebuah rumah yang bercahaya dibumi, sebagaimana kita melihat bintang dimalam hari diatas langit.banyak para sahabat yang datang kepada nabi meminta untuk sholat bersama-sama sehingga mereka menjadikan rumah-rumah mereka mushollah, dan hal ini disunnahkan didalam sebuah rumah seorang muslim ada sebuah mushollah untuk mengajarkan dan mengimami istrinya dan anak-anaknya.

Rasulullah saw juga memperingati kita untuk jangan sampai para malaikat tidak dapat masuk kedalam rumah kita,karena apabila malaikat tidak bisa masuk maka syaitan lah yang akan menggantikan para malaikat,apa saja yang mencegah malaikat masuk kedalam sebuah rumah?apakah gambar-gambar makhluk hidup,patung, anjing.

Rasulullah saw juga memberikan contoh kepada kita hendaklah berhati-hati dengan hal yang dapat membahayakan keselamatan rumah dan keluarga kita didalamnya, apakah itu Gas dengan meletakkan didalam tempat tertutup dan jangan sampai terbuka lubang gasnya,apakah keran air yang masih mengalir, pintu rumah yang masih kebuka, jendela, ataupun makanan dan minuman hendaklah ditutup dengan penutupnya ataupun lobang aliran listrik yang dapat membahayakan anak-anak kita dan seisi rumah sebelum kita akan tidur.

Rasulullah juga melarang apabila telah berlalu sore hari dan akan magrib hendaklah para ayah dan ibu melarang anak-anak mereka untuk keluar rumah, karena syaitan pada saat itu sedang bertebaran diluar rumah, tutuplah pintu rumah dan sebutlah nama Allah(dzikir), karena syaitan tidak akan dapat memasuki rumah yang tertutup, tutuplah wadah air ataupun makanan dan sebutlah nama Allah(dzikir),tutuplah buah-buahan dan berdzikirlah,meskipun engkau meletakkan air di sampingmu ketika malam untuk minum di pagi harinya maka tutuplah gelas air itu, matikan lampu rumahmu.

Adapun ketika keluar rumah ada adab-adabnya yaitu hendaklah keluar rumah dengan kaki kirinya dan berdoa “ Bismillah amantu billah,tawakkaltu `alallah wa laa haula wala quwwata illa billahil `aliyyil adziim”Dengan menyebut nama Allah,aku beriman kepada Allah,aku bertawakkal kepada Allah,dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah”. Rasulullah mengabarkan kepada kita barang siapa yang membaca doa ini ketika keluar dari rumahnya,maka ketika syaitan akan mendekat orang yang membaca doa ini maka syaitan akan pusing dan terpental, lalu datanglah syaitan lainnya melihat teman syaitan nya, kenapa engkau pusing,pingsan begini?penjagaan apa yang telah di lakukan orang itu siapa yang menjaganya,siapa yang memberinya petunjuk?….

Apabila kita melakukan adab-adab ini maka kita telah mencontoh rumah Rasulullah, lalu bagaimana dengan rumah anda???????…………………………………

surat ali imran ayat(31) Katakanlah: Jika memang kamu cinta kepada Allah, maka turutkanlah aku, niscaya cinta pula Allah kepada kamu dan akan diampuniNya dosa-dosa kamu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi penyanyang.

Agustus 27, 2011 - Posted by | Sebaik-baik rumah |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: