Muhammad Willy Ardiansyah Blogs

Just another WordPress.com weblog

4 Golongan Manusia Yang Ada Didunia

Diriwayatkan dari Abi Kabsyah Al-Anmariyy Ra bahwasanya beliau mendengar Rasululllah saw bersabda: ” Sesungguhnya manusia yang ada didunia terbagi kepada 4 golongan:

1. Seorang hamba yang dianugrahkan kepadanya harta dan ilmu, dengannya ia bertaqwa kepada Allah (dia takut kepada Allah dan beramal sholeh), menyambung tali silaturahmi ( berbuat baik kepada kaum kerabat dan tetangganya serta manusia), ia mengetahui ada hak-hak yang harus diberikan kepada orang lain, maka manusia dalam tingkatan ini adalah sebaik-baiknya tingkatan.

2. Seorang hamba yang dianugrahkan kepadanya berupa ilmu dan Allah tidak menganugrahkan kepadanya berupa harta. akan tetapi dia mempunyai niat yang baik dan berkata didalam hatinya: ” Kalaulah aku mempunyai harta maka aku akan mengerjakan amalan sebagaimana amalan hamba yang pertama”, maka dengan niatnya seperti ini pahalanya sama dengan hamba yang pertama.

3. Seorang hamba yang dianugrahkan kepadanya harta dan Allah tidak menganugrahkan kepadanya berupa ilmu. dengan hartanya tersebut ia habiskan untuk berfoya-foya, ia habiskan untuk bermaksiat kepada Allah hanya untuk memuaskan syahwatnya, dia tidak bertakwa kepada Allah ( tidak mengetahui hak-hak Allah, tidak beramal sholeh dan tidak pula membantu orang lain, dan tidak pula saling bersilaturahmi membantu kaum kerabatnya yang sedang dalam kesusahan. ia sombong terhadap harta yang ia peroleh, maka manusia dalam tingkatan ini berada paling bawah dalam neraka jahannam, hartanya tidak membawa manfaat dan sia-sia. dan seburuk-buruknya tingkatan

4. Seorang hamba yang tidak Allah anugrahkan kepadanya berupa harta dan ilmu. ia mengatakan dalam hatinya” kalaulah aku mempunyai harta sebagaimana orang ketiga maka aku akan beramal sebagaimana amalan dia maka dengan niatnya seperti ini kejahatan dan posisinya sama dengan hamba yang ketiga”. hamba dalam tingkatan ini adalah seorang laki-laki yang miskin akan tetapi niatnya buruk bukan untuk kebaikan, ia miskin akan tetapi sombong dengan kemiskinannya, ia tidak pula bertakwa kepada Allah swt, tidak mau beramal sholeh, dan ia pun selalu putus asa tidak ada berharap kepada Allah, dia hanya berkhayal dan berangan-angan ingin menjadi kaya dan akan mengikuti jalan orang kaya yang sombong, maka orang seperti ini mendapatkan siksaan sama seperti hamba yang ketiga dan berada dibawah jurang neraka.

Mudah-mudahan kita terhindar dari golongan ini dan kita memohon dijadikan dalam golongan hamba yang pertama.

Ya Allah kami memohon kepadamu akhir yang baik dan jauhi kami dari akhir yang buruk, Ya Allah kami memohon surga  Mu dan hindari kami dari neraka MU…

(HR Tarmidzi , Ibnu majah, hadits hasan shohin)

April 3, 2011 - Posted by | 4 Golongan Manusia Yang Ada Didunia

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: