Muhammad Willy Ardiansyah Blogs

Just another WordPress.com weblog

Apakah anda benar-benar mencintai Allah swt ( bag 1 )

Allah swt berfirman:

قُلْ إِنْ كَانَ آَبَاؤُكُمْ وَأَبْنَاؤُكُمْ وَإِخْوَانُكُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَالٌ اقْتَرَفْتُمُوهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسَاكِنُ تَرْضَوْنَهَا أَحَبَّ إِلَيْكُمْ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَجِهَادٍ فِي سَبِيلِهِ فَتَرَبَّصُوا حَتَّى يَأْتِيَ اللَّهُ بِأَمْرِهِ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ

Katakanlah: “jika bapa-bapa , anak-anak , saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan RasulNYA dan dari berjihad di jalan NYA, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan NYA”. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik. ( Qs At-Taubah ayat 24)

Ayat Al-qur`an ini merupakah jawaban kepada seseorang yang benar-benar mencintai Allah swt. namun apakah ayat ini telah membuktikan kepada kita apakah Allah benar-benar yang kita cinta ataukah  yang delapan itu,  delapan macam ini dibolehkan dan semuanya dihalalkan oleh allah swt kita cintai,  Allah memerintahkan kepada kita untuk berbuat baik kepada orang tua,  Allah memerintahkan kepada kita untuk berlemah lembut terhadap istri-istri kita, Allah memerintahkan kepada kita untuk mencari rezki yang halal,  sehingga kita mendapatkan keuntungan dari harta kita dan bisa sukses dalam kehidupan kita.

Akan tetapi ayat ini mengatakan kepada kita: wahai yang mengaku mencintai Allah swt mari coba perhatikan dan tanya dalam hati kita, apakah kita mencintai Allah swt sepenuhnya atau yang delapan macam ini yang lebih kita cintai daripada Allah swt tuhanmu?? ayat ini juga sekaligus merupakan ujian apakah delapan macam ini lebih kita cintai daripada tuhan kita, apabila delapan ini lebih kita cintai maka sepatutnya lah kita harus takut kalau-kalau ini merupakah sifat munafik dalam diri kita.

Lalu apakah kita tidak boleh mencintai delapan ini????

kita mengatakan: tidak seperti itu akan tetapi cintailah mereka, dan Allah pun memerintahkan untuk mencintai mereka, siapa sih yang tidak mencintai istr-istrinya, siapakah yang tidak mencintai bapak dan ibunya? akan tetapi sebagai catatan disini adalah jangan engkau mencintai mereka melebihi daripada Allah swt didalam hatimu. apakah Allah lebih besar didalam hatimu? ataukah ada cinta lain yang lebih tinggi, dan besar serta melebihi Allah didalam hatimu?

Ayat lain didalam al-qur`an tentang cinta:

ومن الناس من يتخذ من دون الله أندادا يحبونهم كحب الله والذين آمنوا أشد حبا لله

artinya : Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. ( QS Al-Baqarah ayat 165)

Ayat ini menerangkan bahwa ada sekelompok manusia yang menjadikan makhluk untuk dicintai oleh mereka sebagaimana cintanya kepada Allah swt, maka hal tersebut sama dengan menyeru kepadanya bukan kepada Allah swt, ini merupakah perkara yang sangat sulit, karena kamu seharusnya menjadikan Allah nomor satu didalam hatimu, jika ada seseorang yang engkau cintai kemudian engkau meletakkannya didalam hatimu maka engkau telah menyeru kepadanya, bukan seruan yang menyamakan engkau mencari tuhan selain Allah, atau menyembah makhluk. akan tetapi seruan didalam cinta, dan ini tidak dibenarkan engkau mencintai makhluk didalam hatimu, akan tetapi jadikanlah Allah itu nomor satu didalam hatimu dan melebihi cinta kepada Nya dari yang lain.

Kita ambil contoh: jika harta sangat berarti bagimu dalam hidupmu daripada Allah swt maka hal ini tidaklah benar, jika kamu memakan harta yang haram kemudian engkau mengaku cinta kepada Allah,  maka dalam keadaan seperti ini engkau seorang pembohong karena engkau telah mengutamakan harta yang haram daripada Allah swt. kalaulah seorang wanita sangat berharga didalam hidupmu dan lebih engkau cintai daripada Allah swt, kemudian engkau mendahulukan perintahnya daripada perintah Allah swt, maka janganlah engkau katakan aku mencitai Allah, karena engkau telah mencintai wanita itu daripada Allah swt. aku tidak mengatakan kepada kamu sekalian jangan mencintai wanita, aku memohon ampun kepada Allah, akan tetapi jangan engkau mencintai wanita itu melebihi cintamu kepada Allah didalam hidupmu.

Ada sebuah kisah indah seorang pemuda yang terbiasa merokok dan rokok ini merupakan bagian dari hidupnya, akan tetapi cahaya Allah masuk kedalam sanubarinya, suatu ketika ia merenung bahwa rokok itu adalah makruh dan kebanyakan para ulama telah mengharamkannya, sedangkan makruh adalah sesuatu yang dibenci oleh Allah swt dan dibenci oleh malaikat karena baunya, seketika ia merobek-robek rokok itu dan menginjak-nginjaknya, ia berkata didalam hati: rokok ini tidak dicintai oleh Allah dan malaikat dan aku tidak ingin dibenci oleh Allah dan malaikat. lihatlah saudaraku bagaimana rasa cintanya kepada Allah membuat ia benci dengan hal yang makruh apalagi yang diharamkan oleh Allah swt.

BARANG SIAPA YANG MENINGGALKAN SESUATU KARENA ALLAH MAKA ALLAH AKAN MEMBERIKANNYA YANG LEBIH BAIK…………

Seorang pemuda berumur 18 tahun pergi kepada salah seorang ulama, kemudian bertanya kepadanya, pemuda ini berkata:  saya telah melakukan dengan pacarku begini dan begitu..apakah kalau aku memutus dan meninggalkannya, Allah ridho kepadaku??? …maka ulama itupun menjawab : wahai anakku apabila kamu lakukan itu bukan hanya Allah ridho saja kepadamu, akan tetapi kamu juga akan mendapatkan derjat yang tinggi di sisi Allah swt, maka iapun pulang ke rumahnya dan menelpon pacarnya dan berkata kepada pacarnya: aku tidak akan berbicara lagi kepadamu untuk sekian kalinya, karena Allah swt berharga bagiku dan aku mencintainya melebihi segala sesuatu. akupun berkata didalam hati: sungguh aku telah memutuskan berbicara kepadanya dan aku merasakan kebahagiaan didalam hatiku dan aku juga merasakan kesejukan didalam dadaku seakan-akan berkata kepadaku: Allah akan menggantikan kepadamu cinta dengan cinta…..inilah cahaya hidayah..ketika aku pergi  sholat isya di mesjid aku menemukan imam mesjid memanggilku dan dia berkata: apakah kamu suka belajar al-qur`an?? sungguh didalam hatiku ada sesuatu yang bergemuruh untuk selalu mendorongku mempelajari al-qur`an, imam itu kembali bertanya kepadaku apakah kamu mau belajar al-qur`an? aku menjawab iya, maka akupun belajar al-qur`an surat al-baqarah dalam waktu sebulan, subhanallah inilah seorang pemuda yang blom bisa apa-apa, namun ketika cahaya Allah datang kepadanya, ia pun dimudahkan dalam belajar serta menghapalkan surat al-baqarah dalam waktu sebulan beserta tafsirnya.

Dengan cara apa pemuda ini mencapai derjat yang tinggi serta dekat kepada Allah swt??? jawabannya adalah karena pemuda ini meninggalkan cinta akan syahwatnya menuju cintanya kepada Allah swt.

Ya Allah aku memohon berikanlah cinta kepadaMu, dan cinta orang-orang yang mencintaiMU, serta cinta kepada amalan yang mendekatkan diri kepadaMU…amiin.

 

 

 

Desember 31, 2010 - Posted by | Tak Berkategori

1 Komentar »

  1. like

    Komentar oleh Teza Kiraniar Bali | Juni 16, 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: