Muhammad Willy Ardiansyah Blogs

Just another WordPress.com weblog

ZUHUD

Dalam pembahasan kali ini penulis mencoba membahas masalah zuhud meskipun terasa berat dalam menjelaskan hal ini dikarenakan penulis masih dalam tahap belajar, dan dalam tahap belajar menjadi seorang hamba yang ingin mendapatkan ketenangan dan keridhoan Allah swt.

Didalam kitab Nasooihuddiiniyyah bahwa hakekat zuhud adalah mengeluarkan cinta dunia dan membencinya didalam hati, Imam Ghazali rah berkata : bahwa tanda-tanda zuhud terhadap harta adalah tidak bergembira dengan adanya harta dan tidak bersedih akan kehilangannya sebagaimana firman Allah swt :

(Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. (Al-Hadid ayat 23). Akan tetapi bergembiralah terhadap kehilangannya dan bersedih terahadap adanya.

Sebagian dari kita menginginkan kekayaan, banyak perhiasaan, mobil yang banyak, rumah yang mewah semua hal ini tidaklah dilarang dalam agama kita, yang dilarang dalam agama kita adalah menjadi kan harta tersebut menyebabkan kita lupa terhadap siapa yang memiliki harta tersebut dan siapa yang memberi kita kenikmatan tersebut dan menjadikan hati kita sangat mencintainya dan melupakan ada hak-hak yang harus kita penuhi terhadap harta itu. Allah swt mengatakan dalam firmannya :

Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang Telah kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan dunia untuk kami cobai mereka dengannya. dan karunia Tuhan kamu adalah lebih baik dan lebih kekal.( Thaahaa ayat 131).

Nabi Muhammad saw yang perilakunya menjadikan contoh kepada umatnya beliau tidak lah menjadi dunia itu lupa akan Rabbnya begitu juga para sahabat-sahabatnya padahal beliau telah diberikan kunci-kunci perbendaharaan bumi, akan tetapi beliau hidup didunia ini tidak lebih kehidupan dirumahnya dalam sehari-harinya hanya air dan kurma, beliau mengikat perutnya dengan  dua batu karena saking kelaparannya. Padahal beliau bukan lah orang miskin, seandainya beliau menginginkan harta yang fana itu, Allah sudah menjadikan gunung uhud itu emas, tapi beliau hanya menginginkan zuhud didunia ini, Rasulullah saw mengatakan aku didunia ini bagaikan seorang musafir yang berteduh dibawah sebuah pohon untuk beristirahat dan melanjutkan perjalanan lagi.

Salah seorang ulama mengatakan barang siapa yang memandang dunia dengan mata kepalanya sungguh dia telah tertipu dan barang siapa yang memandang dengan hatinya sungguh bagaikan debu yang berterbangan( tidak ada manfa`atnya). Sebagian manusia beranggapan bahwa mencari dunia itu karena melampiaskan syahwat perut dan kemaluannya, sebagian yang lain, bahwa dunia itu adalah banyaknya harta dan perhiasannnya, sebagian yang lain, mendapatkan dunia dengan memperindah pakaiannya, dan membaguskan rumahnya, memperluas tanah-tanahnya, serta adanya pujian-pujian dari manusia, sebagian yang lain mencari pekerjaan dan pencarian rezkinya hanya dikarenakan untuk makan dan makan untuk kehidupannya, mereka yang beranggapan bahwa dunia sebagai anggapan mereka ini mereka tertipu dan telah terperdaya akan dunia.

Akan tetapi kita mendapatkan dunia ini adalah untuk membantu kita ta`at kepada Allah dan bertaqwa kepadanya, dan mengosongkan dunia itu dalam hati kita, dan mendapatkan harta itu untuk berjumpa dengan Allah dalam keridhoannya, dan mendapatkan harta itu dengan sibuk berfikir dan berdzikir kepada Allah yang telah memberikan kita nikmatnya, dan semua hal ini tidaklah mungkin kita dapatkan kecuali kita mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah saw dan para sahabat-sahabatnya yang mengambil dunia ini secukupnya dan zuhud terhadap dunia untuk memudahkan berjalan dan menuju kepada Allah swt dalam keridhoannya.

Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat.

Wallahu `alam bisshowaab……

Juli 24, 2010 - Posted by | Tak Berkategori

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: