Muhammad Willy Ardiansyah Blogs

Just another WordPress.com weblog

Apakah Makna Tangisan Anda????

Sebagian kita mungkin pernah merasakan tangisan, apakah itu dikarenakan sedih, gembira, putus cinta, atau lain sebagainya, tapi apakah tangisan itu membuat kita merasa bahagia atau tentram dalam hati kita atau bahkan tangisan yang kita lakukan itu hanya dikarenakan menumpahkan kekesalan semata, apakah dalam hari-hari kita pernah menangisi dosa karena perbuatan maksiat kita, tangisan karena takut akan siksaan dan adzabnya, dibawah ini penulis sedikit memberikan beberapa kategori makna tangisan yang di ambil dari kitab Addurrunnadzhim dijelaskan oleh Muhammad Alhakiim at-tirmidzi rah beliau mengatakan tangisan itu ada beberapa macam dan terjadi karena sebab yang berbeda:

  1. Tangisan yang disebabkan karena musibah dalam diri seseorang apakah tangisan karena didzolimi, dibunuh, kehilangan harta, kemudian menangis dan menimbulkan darinya banyak pikiran, pusing, bahkan bisa menyebabkan kebutaan.
  2. Tangisan pura-pura atau tipuan yaitu tangisan seorang pencuri atau perampok karena kebiasaannya mencuri atau merampok yang tidak bisa di tinggalkan olehnya. tangisan ini mewariskan kekerasan hati dan kebencian.
  3. Tangisan yang dalam yaitu tangisan seorang wanita karena ditinggal kekasih, patah hati, tangisan ini mewariskan kelemahan dan futur…
  4. Tangisan karena takut siksaan yaitu tangisan karena meyakini akan adanya siksaan Allah, hatinya terguncang karena takut akan dirinya terkena siksaan, tangisan ini menyebabkan dia mendapatkan rahmat dan surga Allah.
  5. Tangisan karena sedih yaitu tangisan karena dekatnya dengan Allah swt, dia mengetahui bahwasanya tidak ada amal yang sampai kecuali semata-mata karena Allah dan takut kalau amalnya tidak sampai kepada Allah, tangisan ini akan mewariskan cahaya didalam hatinya.
  6. Tangisan gembira yaitu tangisan karena mendapatkan kesenangan atau kesuksesan, tangisan ini mewariskan ketenangan dalam jiwa, dan prasangka baik terhadap Allah swt.
  7. Tangisan takut yaitu tangisan dari ilmunya Allah karena menuju kedekatan kepada Allah swt, hatinya terguncang mendapatkan rahmat karena kedekatannya kepada Allah swt, tangisan ini mewariskan khusyu`.
  8. Tangisan karena kerinduan, tangisan ini mewariskan kedekatan.
  9. Rintihan dalam tangisan, yaitu tangisan karena Allah menguji hambanya, dia menangis bersabar terhadap ujian Allah yang diberikan kepadanya, tangisan ini mewariskan kedekatan kepadaNya, cintaNya, dan belas kasihNya.
  10. Tangisan yang dalam kekuasaannya yaitu Allah lah yang menyebabkan tangisan itu sebagaimana firman Allah swt dalam surat An-najm ayat 43: ( dan bahwasanya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis ).

Adapun tingkatan derjat tangisan yang paling tinggi adalah tangisan orang-orang yang khusuyu, tangisan karena kerinduan, tangisan karena takutnya kepada Allah swt, diriwayatkan dari mu`wiyah bin hayadah Ra berkata, bersabda Rasululullah saw : Ada 3 mata yang tidak akan disentuh oleh api neraka: mata yang selalu menjaga di jalan Allah, mata yang menangis karena takut kepada Allah, dan mata yang menjaga dari apa yang diharamkan oleh Allah swt.(At-targhiib wa Ttarhiib).

Dari Haisam bin malik bahwasanya Rasulullah saw bersabda: “suatu hari Rasulullah saw khutbah, maka menangislah seorang laki-laki karena khutbahnya Rasulullah saw, maka Rasulullah saw bersabda: kalaulah kalian menyaksikan seluruh mu`min pada hari ini mempunya dosa sebesar gunung, maka dosa-dosa mereka terampuni dengan menangisnya pemuda ini, karena malaikat menangis dan mendoakannya: Ya Allah berilah syafaat pemuda ini yang tidak pernah menangis sebelumnya”.(HR.AL-Baihaqi).

Saudaraku berada dimanakah posisi dan derjat tangisan kita, apakah pernah kita menangis karena Allah, atau kita menangis karena kekasih kita, atau kita tidak pernah menangis sama sekali bahkan kita tertawa terbahak-bahak dengan senangnya dan tidak mengetahui bahwasanya kain kafan telah menunggu kita, Rasulullah saw bersabda: “Kalaulah kalian menyaksikan apa yang aku lihat,niscaya kalian akan banyak menangis dan sedikit tertawa”.wallahu`alam….

Februari 15, 2010 - Posted by | Apakah Makna Tangisan Anda??

2 Komentar »

  1. Assalamualaikum..

    afwan akhi, ana gak maksud komentar ama artikelnya. cuma ana mo kenalan aja. ^^

    kebeneran pagi ini mo signup pake username ikhlashati. eh ternyata ud di pake m akhi. maksudnya c biar samaan ama situsnya.

    salam kenal aja deh akhi..

    Komentar oleh abhinaya.zaidan | Maret 19, 2010 | Balas

    • salam kenal juga akhii….Allah yubarikk…..

      Komentar oleh ikhlashati | Maret 28, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: