Muhammad Willy Ardiansyah Blogs

Just another WordPress.com weblog

Abu Hurairah Ra Dan Jin

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari rah, dari Abu Hurairah ra berkata: Rasulullah saw mewakilkan kepadaku untuk menjaga zakat ramadhan, maka datang lah kepadaku seorang pencuri yang mengambil beberapa makanan, kemudian aku menangkapnya, dan aku mengatakan: demi Allah aku akan membawamu kepada Rasulullah saw.

dia berkata: aku sangat butuh dan aku mempunyai keluarga dan aku sangat membutuhkan ini.

maka aku pun membiarkan orang itu, ketika pagi Rasulullah saw bertanya kepadaku, wahai Abu Hurairah apa yang dilakukan pencuri tadi malam??

Aku menjawab: Ya Rasulullah dia mengadu membutuhkan keperluannya yang mendesak untuk keluarganya, dan aku kasihan dan melepaskannya.

Rasulullah bersabda: sungguh dia telah berbohong kepadamu dan dia akan kembali.

maka aku pun yakin bahwa dia akan datang sebagaimana yang di katakan oleh Rasulullah, maka aku pun bersiap siaga, kemudian pencuri itu datang lagi kedua kalinya dan mengambil beberapa makanan, maka akupun menangkapnya, aku mengatakan:  aku akan membawamu kepada Rasulullah saw.

dia berkata: lepaskan lah aku karena aku sangat butuh makanan ini untuk keluargaku, aku tidak akan kembali. Karena kasian aku membiarkan dia pergi, ketika pagi akupun di tanya oleh Rasulullah saw, wahai Abu Hurairah apa yang dilakukan pencuri tadi malam??

Aku menjawab: Ya Rasulullah dia mengadu lagi kepadaku mempunyai kebutuhan yang sangat mendesak untuk keluarganya, aku pun kasihan melihatnya dan melepaskannya, Rasulullah berkata: dia telah berbohong kepadamu dan akan kembali lagi. Maka akupun menyeledikinya, dan diapun datang lagi mengambil beberapa makanan, akupun menangkapnya ini ketiga kalinya kamu mengatakan tidak datang dan datang lagi, aku pasti akan membawamu kepada Rasulullah saw.

Dia berkata: tolong lepaskan aku, aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat yang mana Allah akan memberi manfa`at kepadamu apabila kamu membacanya, aku mengatakan apa itu?? Dia mengatakan: apabila kamu hendak ke tempat tidur mu, maka bacalah ayat kursi (Allahu laa ilaaha illa huwal hayyul qayyuum sampai akhirnya) ayat  255.  maka tidak akan ada yang menganggumu karena Allah yang menjagamu, dan kamu tidak akan didekati oleh syaitan sampai paginya, maka akupun melepaskannya, ketika pagi Rasulullah bertanya kepadaku, apa yang dilakukan pencuri itu lagi wahai Abu Hurairah?? Aku berkata: ya Rasulullah dia telah mengajarkan kepadaku suatu kalimat yang mana Allah memberi manfa`at bagi yang membacanya, Rasulullah bertanya apa itu?? Dia berkata kepadaku: apabila kamu hendak ke tempat tidur mu, maka bacalah ayat kursi (Allahu laa ilaaha illa huwal hayyul qayyuum sampai akhirnya) ayat  255. maka tidak akan ada yang menganggumu karena Allah yang menjagamu, dan kamu tidak akan didekati oleh syaitan sampai paginya, mereka menjaga hal itu untuk kebaikan, maka Rasulullah saw bersabda: adapun kalimat itu dia berkata jujur kepadamu padahal dia adalah seorang pembohong, apakah kamu tahu dengan sedang siapa kamu berhadapan wahai Abu Hurairah?? Tidak jawab Abu Hurairah, Rasul mengatakan : dia adalah syaithan .(HR.Bukhari).

Kisah ini, menjelaskan kedudukan Abu Hurairah Ra ketika Syaitan menampakan dirinya dalam rupa yang lain selain wujud aslinya, Abu Hurairah ketika itu sedang menjaga zakat romadhan, maka dia di datangi oleh seorang pencuri, yang mana makanan itu adalah tamar( kurma) yang diambil sesuai dengan kebutuhannya, dalam riwayat yang lain dikatakan Abu Hurairah mengadu kepada Rasulullah dahulu, Rasul mengatakan: apabila kamu mau tangkap dia, dan katakan: Segala puji yang telah menundukan kamu untuk nabi Muhammad, maka aku pun mengucapkannya, aku pun segera menghampirinya dan menangkapnya, dan berkata : aku akan menyerahkanmu kepada Rasulullah saw, diapun mengadu supaya tidak di serahkan Rasulullah dengan mengatakan dia mempunyai kebutuhan yang sangat mendesak untuk keluarganya, ketika dia berkata demikian akupun kasian dan melepaskannya sampai ketiga kalinya Abu Hurairah tidak melepaskannya lagi, dan syaitan itupun memberikan beberapa kalimat yang bermanfaat buat manusia apabila dibaca olehnya , dalam riwayat yang lain di katakan (apabila kamu membacanya tidak ada yang mendekatimu baik jin laki-laki maupun perempuan). dalam riwayat hadits Mu`adz bin jabal ditambahkan akhirnya dengan akhir surat Al-baqarah ( Aamanar rasuul) ayat: 285 sampai akhirnya,dibaca setelah ayat al-kursi.

Dalam cerita ini juga dapat diambil pelajaran : bahwasanya jin menampakan kepada manusia dalam bentuk atau rupa yang berlainan dalam suatu waktu, dan memungkinkan kita untuk melihat mereka, sedangkan dalam firman Allah yang mengatakan dalam surat al-a`araf ayat 27 : (Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka) merupakan pengkhususan bahwasanya mereka dalam bentuk aslinya yang diciptakan oleh Allah demikian.

Dalam cerita ini dapat juga kita ambil pelajaran: bahwasanya syaitan mengetahui apa yang bermanfaat bagi manusia, sehingga ketika syaitan ingin menggoda manusia dan dia tidak berhasil, mereka pun mengambil cara lain dan berhasil menggodanya di jalan itu, begitu juga dengan orang-orang kafir mereka meyakini sebagian apa yang diyakini oleh orang mu`min berbeda dengan orang mu`min, sedangkan syaitan dari asalnya memang adalah pembohong.

Begitu juga pelajaran yang dapat kita ambil dalam cerita ini bahwasanya jin memakan makanan manusia, mereka juga menampakan diri, dan berbicara dengan manusia, mereka juga mencuri dan berbohong, dan keutamaan ayatul kursi dan akhir surat al-baqarah adalah mencegah mereka dari berbuat jahat kepada manusia dan menolak syaitan. dan dalam cerita ini pelajaran yang dapat di ambil adalah boleh mengumpulkan zakat fithri sebelum malam fithri dan diwakilkan untuk menjaganya.

Februari 8, 2010 - Posted by | Abu Hurairah Ra dan Jin

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: