Muhammad Willy Ardiansyah Blogs

Just another WordPress.com weblog

Silsilah Hidayah (Ridho)

berdoa1Ibadah itu terbagi atas 2 bagian: ibadah jasmani dan ibadah hati,adapun ibadah yang berkenaan dengan jasmani adalah sholat,zakat,shaum(puasa),qiyam,haji dan lain sebagainya.adapun ibadah yang berkenaan dengan hati adalah tawakkal,yaqin,ikhlas,niat yang baik,taubat,dan lain sebagainya…

Adapun ibadah yang berkenaan dengan jasmani akan berhenti apabila berhenti waktu mengerjakannya,sedangkan ibadah yang berkenaan dengan hati tidak akan pernah berhenti meskipun manusia itu dalam keadaan tidur.ibadah yang berkenaan dengan hati akan terus berlanjut dan berjalan dengan mendapatkan pahala bagi yang melakukannya,dan hendalah kita sangat mementingkan dari ibadah hati ini,dan dalam pembahasan kali ini kita akan menjelaskan tentang ibadah hati yang sangat tinggi sekali dan besar pengaruhnya yaitu Ridho.

Apakah anda ridho dengan Allah swt???

Saudaraku !!

Apakah anda ridho dengan Allah atau tidak? Dengan apa anda mengisi hati anda?dengan ridho kah atau dengan kemarahan,kesempitan, dan keluhan dari perintah Allah dan kekuasaan Allah.

Jika manusia ambisius dan memperbaiki menjadi lebih baik untuk mendapatkan rezki yang ia peroleh merupakan sesuatu yang sangat di tuntut,akan tetapi marah terhadap qadha Allah dan ketetapannya merupakan Sesuatu yang sangat dilarang,karena Allah berkuasa dan pengatur segala alam dengan hikmah dan kekuasaannya.dan dia bertanya tidak untuk ditanya,dia menciptakan tidak diciptakan,dan dia berkuasa tidak dikuasai,dan dia tidak datang kepada hambanya kecuali hal itu baik bagi hambanya dan ta`at kepadaNya,mensyukurinya dan ridho terhadapt qodhonya.

Akan tetapi dengan sangat menyesal yang berkembang diantara hari-hari kita merasakan kepahitan,kesempitan,dan tidak ridho,kebanyakan para pegawai dipenjuru mana saja yang nampak adalah benci dan tidak ridho terhadap kerjaan yang digelutinya,apa yang didapati sekitar kita orang yang bersuami-istri tidak ridho terhadap suaminya,sebagian suami tidak ridho terhadap istrinya,dan tidak mengetahui bahwasanya mereka merupakan sudah di takdirkan oleh Allah swt,kita dapatkan di sekitar kita seseorang yang ditimpa musibah oleh Allah dengan penyakit pada anaknya baik itu kanker,tumor,kita lihat dia tidak ridho bahkan kemarahan terhadap ketetapan Allah swt.

Kita dapati di lingkungan kita seseorang yang mempunyai kendaraan tidak ridho dengan kendaraannya dan berangan-angan untuk menggantinya,seseorang yang tinggal dirumah, kita lihat tidak ridho kepada rumahnya dan berangan-angan untuk menggantinya. setiap memasuki rumah itu dia rasakan kesempitan, kesedihan terhadap apa yang dia miliki.

Bagi mereka dan yang lainnya,bagi mereka yang marah terhadap ketetapan Allah,bagi mereka yang marah dengan sedikitnya rezki yang ia peroleh baik dari hartanya,tempat tinggal,makanan,minuman,pakaian,istri,anak-anak.mobil dan lain sebagainya, mari sejenak kita membaca melihat hadits qudsy. Allah mengatakan: “hambaku,aku menciptakanmu untuk beribadah kepadaku maka janganlah bermain-main,aku telah membagimu rezki jangan lah merasa bersusah paya dengan menghalalkan segala cara,apabila kurang jangan bersedih,apabila lebih jangan merasa bangga,apabila kamu ridho terhadap apa yang aku bagikan sungguh bagimu ketenangan dibadan mu,pikiran mu,dan kamu disisiku terpuji,apabila kamu tidak ridho terhadap pembagianku sungguh akan melelahkan badanmu,pikiranmu,dan kamu disisiku tercela,demi kemulianku dan ketinggianku,aku akan memerintahkan kepadamu dunia  untuk mengejarmu,mengejar kesedihan ditanah yang lapang,kemudian aku tidak timpakan musibah kepadamu kecuali apa yang telah aku tetapkan kepadamu”.

Saudaraku!!..mari kita sejenak merenungi hadits ini dengan sebaik-baiknya:dari Anas bin Malik Ra berkata,bahwasanya Rasulullah saw bersabda: “barang siapa yang akhiratnya merupakan tujuannya maka Allah akan menjadikan kekayaan dalam hatinya,dan menghimpun baginya ketenangan,dan akan didatangkan dunia sedangkan dia enggan,dan barang siapa dunia tujuannya Allah akan menjadikannya miskin diantara matanya,dan memisahkan atasnya perlindungannya,dan dunia tidak akan datang baginya kecuali apa yang telah ditetapkan baginya”.(At-tirmidzi:2389)

Semua kita mengetahui perbedaan antara 2 manusia dalam hadits ini, yang mana dunia menguasai mereka,maka kita akan melihat manusia akan di kuasai oleh dunia,disibukkan oleh dunia kesana kemari untuk mendapat harta dan dengan cara apapun untuk mendapatkannya,apabila anda tidak ridho terhadap apa yang ditetapkan oleh Allah swt sampai sa`at ini,maka mari kita renungi hadits ini sejenak bagi mereka yang mempunyai hati,dari Salamah bin ubaidillah bin muhsin al-khatmyii,dari ayahnya yang mana adalah sahabatnya berkata,bahwasanya Rasulullah saw bersabda:”barangsiapa yang pagi-paginya  merasa kedamaian pada minum nya,dan sehat di tubuhnya,baginya makanan di harinya sungguh dia telah mendapatkan baginya dunia”.

Kalaulah setiap kita memikirkan tentang keadaan kita dan keadaan kebutuhan kita?apakah baginya merasa cukup atau tidak?apa yang didapatkan?dengan apa menjawabnya? Mungkin tanpa menunggu salah seorang dari kita akan menjawabnya: kami meyakini tuhan kami,karena Allah swt telah menjelaskan apa yang telah dimiliki oleh kita telah tercukupi,sungguh benar apa yang dia ucapkan,akan tetapi kita akan mendapatkan diantara kita mengerjakan pekerjaan yang tidak merasa cukup bagi kita, karena kita memang tidak ridho dan tidak merasa cukup.

Hendaklah kita merenungi firman Allah swt:

Katakanlah: “Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan sekutu-sekutu bagiNya? (yang bersifat) demikian itu adalah Rabb semesta alam”.

Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. dia memberkahinya dan dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni) nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya”.

Sesungguhnya Allah sebelum menciptakan manusia telah menentukan makanannya dan rezki-rezkinya sampai hari kiamat nanti,dia mengetahui bahwa hujan akan berjalan kepada tempat yang ditentukan,maka hujan itu akan diminum oleh manusia,dengannya di tumbuhi tumbuh-tumbuhan untuk makan manusia,maha suci Allah yang telah memberikan kita rezkiNya….(bersambung..)……..

April 15, 2009 - Posted by | Ridho

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: