Muhammad Willy Ardiansyah Blogs

Just another WordPress.com weblog

Pembagian Hati Manusia

42-19071020Hati adalah rumah dimana Allah memperhatikannya,melihatnya,tempat dimana pusatnya untuk dapat menyimpan rahasia-rahasia ilmu NYA dan tempat dimana para malaikat singgah apabila hati sesorang itu baik,tempat dimana diturunkan rahmat sehingga sesorang merasakan ketenangan,dan tempat dimana untuk menerima pengetahuan akan Allah swt, hati mempunyai dua arti:

1.Hati adalah segumpal darah hitam yang beku mempunyai bentuk tersendiri letaknya disebelah kiri dada yang berfungsi sebagai penetral darah.

2. Hati adalah unsur yang halus yang bersifat ke-tuhanan dan metafisik yang berada pada hati yang bersifat jasmani.sedangkan unsur yang halus itulah arti dari hakikatnya manusia bahwasanya manusia adalah yang membedakan dan mengetahui dirinya manusia,manusia yang mampu berbicara, manusia yang bertanggung jawab,dan manusia yang memberikan nasehat atau teguran,serta manusia yang mampu menjatuhkan hukuman manusia.

Tidaklah Allah ciptakan suatu tempat yang lebih mulia dari hati karena hati adalah yang memahami tentang Allah,yang taqarub kepada Allah,hati yang menuju kepada Allah dan hati adalah yang diterima disisi Allah,apabila dia bebas selain dari Allah maka hatinya akan tertutup tentang Allah sedangkan dirinya tenggelam dari selain Allah.Rasulullah saw bersabda: “sesungguhnya didalam jasad manusia ada segumpal darah apabila segumpal darah itu baik maka baik pula sekalian anggota tubuh,sebaliknya apabila buruk maka buruk pula anggota tubuhnya,ketahuilah yaitu dia adalah hati(HR Bukhari Muslim).hati di ibaratkan sebagai tuan dan jasad adalah budaknya atau sebagai pemimpin yang mengatur rakyatnya,jadi hati adalah pemula yang mengatur dan menggerakan semua aktifitas anggota tubuh,jika hati baik maka akan baik pula kelakuan anggota tubuhnya sebaliknya jika hati buruk maka buruk pula kelakuan anggota tubuh,kita beri contoh seseorang yang merasa sakit hati atau pun tersakiti kita dapati dirinya anggota tubuhnya lemas,tidak banyak bergerak,lesu ataupun tidak ada semangat dalam melakukan sesuatu padahal yang sakit sebenarnya adalah hatinya tapi karena hati adalah sebagai raja nya ketika raja mengalami kekalahan maka para prajuritnya akan berantakan atau tidak berdaya begitulah hati kita ketika hati kita sakit maka anggota tubuh merasakan nnya.

Hati pada tabiatnya dan fitrahnya menerima pengaruh dari malaikat ataupun pengaruh dari syaitan,apabila hati cendrung kepada cinta akan dunia,mengikuti syahwatnya dan nafsunya maka syaitan lah yang menempati hati itu dan yang mempengaruhi hati tersebut tetapi apabila hati lebih cendrung kepada ingat kepada Allah menekan syahwatnya,serta sifat-sifat yang buruk maka syaitan akan lari dari hati itu maka malaikat lah yang menempati hati tersebut dengan cahaya allah,Allah mengatakan dalam firmannya: Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan yang Maha Pemurah (Al Quran), kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) Maka syaitan Itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.(QS Ad-zukhruf 36).juga firman Allah yang mengatakan:”Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, Maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya”.(QS Al-`araf 201). adapun hati terbagi atas 3: hati yang bersih,hati yang sakit,serta hati yang mati

1. HATI YANG BERSIH Hati yang bersih adalah hati yang disinari dengan cahaya keimanan kepada Allah dengan kecintaan kepadanya,makrifat kepadanya,sebagaimana yang Allah firman kan dalam kitabnya:”Hari dimana tidak ada gunanya harta dan anak-anak kecuali bagi mereka yang memiliki qolbu salim hatinya yang bersih(Surat As-syuara 88-89).hati yang bersih adalah hati yang kosong dari penyakit-penyakit hati yang menghancurkan apakah itu dendam,dengki,iri,munafik,riya`,takabbur dan lain sebagainya.

Hati yang bersih adalah hati yang khusyu tunduk kepada Allah,dia selalu bertaqwa kepadanya baik tingkah lakunya,geraknya dalam setiap waktu,Allah mengatakan: Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air,Sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar. Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagianOrang miskin yang tidak mendapat bagian maksudnya ialah orang miskin yang tidak meminta-minta.(Surat Adz-zariyat 15-19). Ayat ini menunjukan bahwa hati yang bersih adalah hati yang diisi ketaqwaan kepada Allah dia adalah hati seorang hamba yang menyembah kepada Allah seakan-akan melihatnya,Rasulullah saw bersabda ketika beliau ditanya tentang apa itu IHSAN?beliau menjawab:” Engkau menyembah Allah seakan-akan dirimu melihat Allah,apabila kamu tidak dapat melihatnya sesungguhnya Allah melihatmu”.

Iman adalah hidupnya hati, cahayanya dan kebahagiaannya baik didunia maupun di akhirat,sebagaimana Allah mengatakan dalam firmannya: “Dan apakah orang yang sudah mati Kemudian dia kami hidupkan dan kami berikan kepadanya cahaya yang terang, yang dengan cahaya itu dia dapat berjalan di tengah-tengah masyarakat manusia, serupa dengan orang yang keadaannya berada dalam gelap gulita yang sekali-kali tidak dapat keluar dari padanya? Demikianlah kami jadikan orang yang kafir itu memandang baik apa yang Telah mereka kerjakan. maksudnya ialah orang yang Telah mati hatinya yakni orang-orang kafir dan sebagainya”.cahaya keimanan yang ada dalam hati seorang hamba menjadikannya selalu menuju kepada Allah baik dari segi perkataannya,tindak tanduknya dan pekerjaannya yang dengannya Allah mencintainya dan ridho kepadanya.apabila hati nya selalu dengan keadaan seperti ini maka cahaya itu akan terus bertambah dan bertambah,Allah mengatakan: “cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki”. (Surat An-nur ayat 35) bersambung ……………

Maret 22, 2009 - Posted by | Pembagian Hati Manusia

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: